PENGKAJIAN PADA ANAK
MEMULAI PENGKAJIANPengkajian akan lebih mudah apabila sudah terjalin hubungan antara anak, orang tua dan pemeriksa
Hubungan mungkin tidak menghilangkan semua ketakutan atau ketidak nyamanan anak, tetapi dapat membantu membuat pengkajian menjadi sebuah pengalaman yang lebih positif.
PEDOMAN BERKOMUNIKASI DENGAN ANAK
Tanya orang tua bagaimana anak biasanya mengatasi situasi baru / situasi penuh tekanan →intervensi khusus untuk mempermudah komunikasi
Tanya kepada orang tua apakah mereka telah mengatakan kepada anak bahwa mereka akan pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan
Amati tingkahlaku anak terhadap tanda-tanda kesiapan.
Pertimbangkan tingkat perkembangan dan rentang perhatian anak dan gunakan pendekatan imajinatif saat merencanakan pemeriksaan
Jika anak sulit menerima pengkajian :
Berbicara dengan orangtua dan anak biarkan
Puji anak
bermain
Lakukan tehnik dengan singkat pada orangtua terlebih dahulu.
Dorong anak bertanya selama pengkajian, ttp jangan menekan untuk bertanya
Jelaskan proses pengkajian dalam batasan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak
Gunakan istilah-istilah yang kongkrit
Berikan sedikit informasi dalam suatu waktu
Buatlah harapan-harapan yang diketahui dengan jelas dan sederhana
Jangan menawarkan pilihan jika memang tidak ada
Berikan pujian yang jujur
BERKOMUNIKASI DENGAN BAYI
Berkomunikasi dengan Anak Usia Bermain (toddler)
Berkomunikasi dengan Anak Usia Prasekolah
Berkomunikasi dengan Anak Usia Sekolah
BERKOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA
Orangtua merupakan sumber informasi utama tentang anak
Gunakan pertanyaan terbuka
diam dan dengarkan adalah esensial dalam menenangkan orang tua
Jika mereka percaya anaknya mempunyai masalah, perhatian mereka harus ditangani dengan serius, perawat dan orang tua harus setuju bahwa masalah ada.
Tanyakan bagaimana orangtua sudah menyelesaikan terhadap masalah
Orangtua membutuhkan penghargaan, pujian dan ketenangan hati untuk kekuatan mereka.
Informasi yang terlalu banya dapat menakutkan orangtua.
MENATA LINGKUNGAN UNTUK MENDAPATKAN
RIWAYAT KESEHATAN ANAK
Wawancara membangun komunikasi, hubungan dan biasanya merupakan langkah pertama dalam sebuah pengkajian
Wawancara harus dilakukan diruangan tesendiri, terang dan tidak menakutkan.
Mainan dan gambar-gambar bermanfaat untuk mengalihkan perhatian anak, sehingga orangtua dapat memberikan perhatian yang penuh ke pewawancara.
Sebelum memulai perawat harus memperkenalkan diri dan menanyakan nama anggota keluarga.
Tingkat keterlibatan bervariasi berdasarkan umur
RIWAYAT KESEHATAN
Riwayat kesehatan melengkapi informasi tentang kesehatan fisik anak sejak lahir, memperinci kejadian-kejadian tentang masalah yang ada dan menekankan fakta tentang riwayat sosial dan keluarga yang esensial untuk memberikan perawatan yang komprehensif.
PEDOMAN WAWANCARA IBU DAN ANAK
Ikuti prinsip-prinsip komunikasi selama wawancara
Sebelum memulai perawat harus sepenuhnya mengerti tujuan dari riwayat kesehatan dan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan
Pengetahuan tentang diagnosisi membantu menfokuskan pertanyaan yang berhubungan dengan keluhan utama, perawat harus menanggapi keluhan orangtua atau anak yang tidak berhubungan dengan diagnosis
IDENTITAS
IDENTITAS KLIEN
Nama
Nama Panggilan
Tempat,Tanggal lahir
Umur
Jenis Kelamin
Anak ke
Suku Bangsa
Bahasa yang digunakan
Agama
Alamat
IDENTITAS ORANG TUA
Ayah
Nama
Tempat, tanggal lahir
Pekerjaan
Pendidikan
Agama
Alamat
Ibu
Nama
Tempat, tanggal lahir
Pekerjaan
Pendidikan
Agama
Alamat
KELUHAN UTAMA
Apa yang membuat klien datang ketempat pelayanan kesehatan / Apa masalah yang klien rasakan saat ini
Catat kata-kata orang tua / anak
RIWAYAT PENYAKIT SEKARANG
Uraian keluhan utama secara kronologis
Uraian menjawab pertanyaan dimana (lokasi), apa (kualitas, faktor-faktor yang memperburuk / atau yang peringankan gejala), kapan (serangan, durasi, frekwensi), seberapa (intensitas, keparahan)
Gunakan pertanyaan langsung untuk memfokuskan pada hal-hal kecil yang spesifik
RIWAYAT PENYAKIT DAHULU
Jangan memasukan informasi yang telah diperoleh pada keluhan utama dan riwayat penyakit sekaran
Penyakit, operasi atau cedera sebelumnya. Termasuk tanggal masuk RS, alasan masuk RS dan respon terhadap penyakit
Penggunaan obat-obatan
alergi
RIWAYAT KEHAMILAN DAN PERSALINAN
Prenatal (kesehatan maternal, infeksi, obat-obatan yang diminum, perdarahan abnormal,peningkatan berat badan, lama kehamilan, imunisasi, sikap terhadap kehamilan
Intranatal (lama persalinan, jenis persalinan, komplikasi, kondisi waktu lahir, penolong persalinan, berat badan dan panjang badan lahir)
Postnatal (kondisi neonatal , adanya distres pernafasan, sianosis, ikterus, kejang)
RIWAYAT IMINISASI
Prenatal (kesehatan maternal, infeksi, obat-obatan yang diminum, perdarahan abnormal,peningkatan berat badan, lama kehamilan, imunisasi, sikap terhadap kehamilan
Intranatal (lama persalinan, jenis persalinan, komplikasi, kondisi waktu lahir, penolong persalinan, berat badan dan panjang badan lahir)
Postnatal (kondisi neonatal , adanya distres pernafasan, sianosis, ikterus, kejang)
Riwayat Pemberian Makanan
• Cara pemberian makanan
• Mulai diberikan makanan
• Respon terhadap makan
• Masalah-masalah spesifik dengan pemberian makanan
RIWAYAT TUMBUH KEMBANG
Tinggi dan berat badan
Eruosi dan tanggalnya gigi
Umur anak berguling, duduk sendiri, merangkak berjalan, mengucapkan kata pertama, berpakaian tanpa bantuan
(disesuaikan umur anak)
RIWAYAT KESEHATAN KELUARGA
Umur dan kesehatan anggota keluarga terdekat
penyakit keturunan
adanya kelainan kongenital
hubungan keluarga,
Tanyakan kondisi kehidupan
GENOGRAM
Menunjukan hubungan, umur dan kesehatan anggota keluarga
Simbol-simbol
Sabtu, 06 Juni 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar